Rabu, 13 Juni 2012

Ghost Episode 1

Akhirnya bisa juga nonton ep 1 dengan English sub.
Setelah didera internet putus, nonton beberapa kali ep 1 tanpa subtitle, sambil pegang recaps orang lain (niat banget ngga sih haha)...
Tapi tetap saja nggak ngerti karena recapsnya cuma ringkasan cerita.
Sementara gambarnya menyajikan kecanggihan teknologi IT dan dialognya padat. Sekarang aku akan mengunyahnya pelan-pelan sambil ditulis, biar ingat :D

Baru episode satu adegan awal sudah penuh ketegangan.
Mau nulis recapsnya juga jadi takut mengganggu yang ingin menikmati ketegangannya. Sebisaku saja ya :D

Artis Shin Hyo Jung ditemukan tewas, jatuh dari apartemennya, ramai diliput oleh reporter TV.

Sepuluh hari sebelum kejadian, SJS kita Kim Woo Hyun masuk kelas untuk memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Kepolisian.
Dia menyebutkan nomer HP seorang mahasisiwa dan menjelaskan pentingnya mengikuti kuliah cyber crime di udara yang cerah ini.
Siswa itu tampak kaget smsnya bisa diketahui orang lain.

Kim Woo Hyun menjelaskan, baru saja seseorang meretas informasi yang kau kirimkan kepada temanmu lewat smartphone.
Informasi yang dikumpulkan secara ilegal begini bisa dijadikan alat untuk kejahatan serius, seperti pencurian identitas.
Ini perlunya kita mengadakan penyelidikan di dunia maya. Kejahatan di dunia maya tidak mengenal batas negara.

Komputer kantor polisi diretas oleh seseorang.
Semua berlangsung cepat.
Woo Hyun mencabuti kabel power untuk berusaha menghentikannya. Tapi sia-sia.
Kang Mi menghentikan Woo Hyun dan mengajak melihat layar monitor. Semuanya hilang berganti dengan satu inisial: H
Woo Hyun mendesis, HADES.

Komandan tidak terima melihat barang buktinya hilang begitu saja dan marah-marah. Dia membanting sesuatu yang ada di atas meja. Woo Hyun bilang, Tidak tahukah anda kalau barang bukti bisa dihancurkanhanya dengan satu klik? dan anda baru saja merusak barang bukti. komandan tidak terima dibegitukan dan dia malah marah. Begitu Kau bersikap pada atasanmu? Aku lebih mementingkan membasmi kejahatan daripada beramahtamah dengan orang lain. (salah juga jadi marah ya digitukan sama anak muda hehe penyakit senioritas!)

Woo Hyun melanjutkan ini ada kiriman baru dari Bangladesh, kalau tersangkanya adalah HADES, kita harus menangkapnya. Setelah itu baru anda bisa menghukum atau memecat saya.
Komandan bilang tidak hanya Woo Hyun tetapi seluruh anggota Departemen Penyelidikan Cyber Crime harus ikut bertanggung jawab terhadap masalah ini.

Komandan Departemen Penyelidikan Cyber Crime masuk dan bilang kalau dia atasan di sini.
Komandan yang tadi bilang Kim Woo Hyun menghilangkan barang bukti kejahatan perjudian internasional!
Atasannya bilang aku seniormu. Kenapa kau tidak bersikap sopan pada seniormu? (heuheu kena deh dia) sambil melirik ke Woo Hyun



Woo Hyun bilang IP address HADES tersebar di beberapa tempat di Seoul sampai ke Pulau Jeju. Mereka kemudian merencanakan agar bila HADES sedang beraksi mereka bisa melacak dan menyadapnya.

Ada yang memposting twitternya Shin Hyo Jung untuk memberi kesan dia bunuh diri. Tapi ada twit nya yang belum terkirim. Woo Hyun: ada kemungkinan Shin Hyo Jung bukan bunuh diri, tapi ada yang ingin Shin Hyo Jung mati.
Detektif Kwon bilang ke atasannya terlalu dini buat menyimpulkan Shin Hyo Jung bunuh diri, tapi komandan berkeras dia 100% bunuh diri.
Terlalu banyak gosip beredar, kita harus menenangkan publik.
Detektif bertanya apa dia mendapat tekanan dari atas?
Komandan menoleh dan bilang tidak sambil menepuk bahu detektif.

Jumpa Pers 29 Mei 2011
Komandan menjelaskan tentang kematiah Shin Hyo Jung.
Detektf menyimak di pintu disusul oleh Sang Woo.
Sang Woo bilang ada yang perlu anda lihat.

Apartemen Shin Hyo Jung adalah kompleks perumahan elit tempat tinggal politisi dan artis terkenal dan terletak di pusat bisnis Kang Nam.
Jadi setiap tempat ada pantauan CCTV.
Aku sudah mengecek semuanya dan ini yang kutemukan.

Di jalanan macet, Woo Hyun kita menelepon Kang Mi.
Kamu sudah menemukan IP addres Hades? Kang Mi bilang petugas Lee sedang menelitinya.
Woo Hyun melihat layar monitor yang ada di mall. Sedang ada siaran langsung konferensi pers komandan tentang kematian Shin Hyo Jung yang bunuh diri. SJS memperhatikan orang2 di sekitarnya di jalan, di bis, memperhatikan ponsel mereka masing2. Dan dia juga mendapatkan SMS.


Shin Hyo Jung tidak mati. Dia dibunuh. Lalu layar yang tadinya menayangkan komandan berganti menjadi adegan saat Shin Hyo Jung didorong keluar jendela oleh pembunuhnya.

Woo Hyun lalu lari menuju gedung tempat layar itu dan menuju ruang kontrol. Petugas kontrol kebingungan karena tidak dapat menghentikannya. Gambar itu diulang2 saat Shin Hyo Jung didorong keluar jendela. Orang2 di jalan merekamnya dengan ponsel masing2. Woo Hyun berusaha menghentikan rekaman itu dan mencari sumbernya. akhirnya dia pendapatkan satu kata: HADES. Hackernya bernama HADES,


Woo Hyun menyimpulkan kalau HADES ada di gedung itu memakai koneksi internet wireless. Di CCTV kelihatan tersangkanya memakai baju biru dan topi. Woo Hyun lalu mengejarnya sampai stasiun kereta. Woo Hyun mengirim SMS kepada semua yang ada di stasiun untuk menemukan orang yang memakai topi dan baju biru. Orang2 menunjuk si tersangka. Dia kemudian lari dan sembunyi.

Dirasa aman tersangka kemudian keluar dari persembunyiannya. Baru berjalan dua langkah Woo Hyun kita menodongkan senjata ke kepala tersangka. Dia menoleh: sudah 10 tahun ya. Woo Hyun tanya jadi kamu si HADES? Iya. Kamu membunuh Shin Hyo Jung? Masak kalau aku membunuhnya aku akan menyiarkannya? Aku justru akan memburu pembunuh yang sebenarnya. Dia dibunuh saat sedang menulis sebuah email. Pembunuhnya menghapus email itu

Ternyata dia Park Gi Young teman Woo Hyun waktu di sekolah kepolisian.
Di markas dektektif Det Kwon menjelaskan identitas HAdes. Dia bahkan teman sekamar Woo Hyun di sekolah kepolisian.
mendengar penjelasan GI YOUNG ,Woo Hyun berkata kalau sebaiknya GI YOUNG ikut dengannya menjelaskan apa yang terjadi. GI YOUNG menolaknya dan memberitahukan kalau pembunuh sebenarnya memakai jam tangan yang ada gambar peta dunia. dia lalu melompat kabur.

Woo Hyun menerima telepon yang memberitahu kalau yang membunuh SHIN HYOO JUNG adalah GI YOUNG. DIa tersadar dan berusaha mengejar temannya. tapi terlambat, dia sudah melompat ke depan kereta api yang akan melintas.

Di markas Woo Hyun terngiang2 kalimat yang diucapkan temannya, kalau aku pembunuhnya untuk apa aku menyiarkanna? Kang Mi memberitahunya kalau tersangkanya adalah Park Gi Young. Woo Hyun terdiam.

Mereka melihat rekaman pendorongan itu dengan lebih teliti. di sana ada bayangan sang pembunuh yang memantul di kaca jendela. Setelah dizoom dan dicocokan ternyata 100% GI YOUNG.

Detektif Kwon di apartemen GI YOUNG berusaha membongkar kunci apartemennya. Detektif Kwon mendobrak pintu dengan tanganya, sampai 3x (patah ngga tuh tangannya?) Pintunya keras sekali setelah 3 x bary ber hasil terbuka.

Di dalam apartemen ternyata penuh dengan foto2 SHIN HYOO JUNG. Det Kwon menyimpulkan GI YOUNG adalah penguntit SHIN HYOO JUNG.

Motif yang jelas.

Di luar detektif Kwon bernafas lega merasa masalahnya sudah selesai. di sekelilingnya TV menyiarkan peristiwa itu sebagai Kisah NYATA. Di kejauhan Pak Gi Young memperhatikannya.

Pagi tiba di markas polisi Wu Hyun membaca bergpemberitaan tentang SHIN HYOO JUNG di internet. dia ingat GI YOUNG bilang tentang jam bergambar globe. Lalu dia bangkit dan bilang pada Kang Mi kita mengenal HADES tapi kenapa kalau dia membununya dia harus menyiarkannya? Kang Mi bilang, mungkin untuk pamer, lihat saya su
dah membunuhnya. begitu? Woo Hyun bilang coba kamu periksa sekali lagi.
Sang Woo bilang ke Det Kwon HP GI YOUNG berhasil diketahui tapi tidak aktif. Kwon membaca data GI YOUNG yang sebatang kara, tidak ada orang tua, tidak punya saudara, dan tidak ada sanak famili (kasihan juga ya).

Woo Hyun di TKP yang masih dibatasi police line Kang Mi merasa pusing kepala. Dia googling obat sakit kepala, yang ditemukannya sakit kepala, mual, mual karena kehamilan dan mendapat ilham. Dia ke toko obat dekat SHIN HYOO JUNG tinggal dan menanyakan apa ada SHIN HYOO JUNG datang membeli alat tes kehamilan. pramuniaganya malah balik tanya ke dia SHIN HYOO JUNG datang ke sini? Kang Mi tanya lagi apa ada orang datang pakai kaca mata hitam dan masker datang ke sini beli alat kehamilan/ pramuniaga bilang ada.

Kang Mi lalu lapor ke Woo Hyun kalau SHIN HYOO JUNG sebelum mati membeli alat tes kehamilan dan dia tidak datang sndirian. dia datang naik mobol dan kelihatan seperti pasangan yang sedang bertengkar

Woo Hyun naik ke apartemen lewat tangga darurat dan merekonstruksi tingkah laku GI YOUNG dalam bayangannya.

Kalau itu GI YOUNG kenapa pembunuhnya bisa tidak terlihat? Dia membatin.
Pembunuhnya tahu kalau di tangga darurat tidak ada CCTV dan dia turun lewat tangga darurat 2 menit kalau cepat dan 4 menit kalau lambat. Kenapa GI YOUNG ada d CCTV sementara pembunuhnya tidak? Woo Hyun terus membayangkan sambil berjalan ke sana ke mari di apartemen SHIN HYOO JUNG. Dan dia menuju ke kamar SHIN HYOO JUNG nomer 1102. dia melihat pria berjam gambar globe itu (bayangan apa beneran nih)

Sementara itu GI YOUNG menyamar dan berhasil masuk ke markas polisi.

(Kayaknya GI YOUNG dibayar oleh pembunuh SHIN HYOO JUNG supaya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Makanya GI YOUNG saja yang kelihatan CCTV sementara pembunuhnya tidak. Jadi masalahnya bukannya sudah selesai Det Kwon, ini baru saja mulai. Belum2 sudah tegang ini, mana banyak istilah komputernya lagi yang bingung mengIndonesiakannya. Demi SJS kulakukan ini :D)


*

2 komentar:

Unknown mengatakan...

dahn ntn sampe ep 4. waduh benar2 penuh teka teki.. aku udah curiga tu pimpinan yang gak suka ma woo hyun itu kaki tangannya si panthom

Unknown mengatakan...

buta korean banget saya nih hehe