Selasa, 04 Januari 2011

Membuat Sinopsis

Bread Love and Dreams atau Baker King Korean Drama dengan rating tertinggi di Korea tayang di Indosiar.

Sebagai penikmat K-Drama tentunya aku cari tahu dong serba-serbinya. Kucari sinopsisnya di blog Tirza ,blog Putri , blog Icha , dan yang lainnya. Akhirnya ada blog Nana yang memberikan link ke sinopsis Baker King . Wah kok baru sampai episode 11.

Kemudian aku cari tahu lewat FB, aku malah diajak bikin sinopsis BLD/BK episode 18. Masih jauh dengan tayangan di TV, kemudian aku menyanggupinya. Ternyata apa yang terjadi saudara-saudara? Buat sinopsis itu sama sekali TIDAK GAMPANG! alias SUSAH BANGET. Tidak sesusah itu sih tapi berbeda dengan kebiasaan kita nonton, kita tinggal menyetel, sambil tiduran, makan cemilan, kadang bablas juga ketiduran. enak ya.. Menulis sinopsis musti dilakukan sambil duduk dan menulis atau mengetik, bolak balik pause-play, backward-fastforward berulangkali.

Hebat sekali bagaimana Tirza melakukannya, dia menulis sinopsis judul puluhan drama dengan puluhan episode tanpa kenal lelah. Sekarang aku jadi bisa lebih menghargai kerja mereka, aku nggakan bersikap "rewel" seperti banyak pembaca blog yang bilang "Eonie, episode selanjutnya dong pleaseee... penasaran nih." karena ternyata itu sama sekali nggak gampang :)

Tapi apa juga musti diambil hikmahnya kan? Manfaatnya, aku jadi tahu seluk beluk persinopsisan dan aku juga jadi lebih banyak kawan, muda-muda dan pintar-pintar. Aku jadi seperti kata Barry Manilow.. I'm young again even tough I'm very old ^__^ ... Eh I'm not that old tough :D

14 komentar:

AIRI ARI mengatakan...

iya uni susahnya minta ampun hahahaha, tapi menyenangkan hehehhe

Sisilia Herjanti mengatakan...

iya Ari... tapi ini tantangan.. ilmu baru..jadi selami aja hehe..

Saa RF mengatakan...

sebelumnya salam kenal bulia, hehehehe,,, iyah bener memang ga semudah seperti membalikkan telapak tangan tapi juga tidak sesulit menguras lautan....asala ada kemauan dan mau mencoba, insyaAllah bisa. Dunia ini luas dan kaya ilmu. makin banyak teman, banyak ilmu, banyak saudara, makin banyak pula kisah yg bisa kita bagi... so keep learning...long life study...

G-Nana Fe mengatakan...

lia, hehe seneng ya nulis sinopsis. aku dah baca tulisan lia di draft pelangi drama..(gara2 penasaran ama lanjutan tak gu)..bagus tulisannya ga perncaya baru pertama kali buat sinopsis hehe...

Sisilia Herjanti mengatakan...

@saa RF makasih ya... wah jadi main semangat nih ^_^

Sisilia Herjanti mengatakan...

Nana.. ya permulaannya sih kepanasan sama sinopsis2 salah satunya di blogmu :D

Unknown mengatakan...

wah teteh lia, semangat nulisnya,,

Dunia Andina mengatakan...

kalau enggak yang SUKAAAAA bgt sama tuh drama gak bakal selesai sinopsisnya. untung kalo kaya di blog pelangi drama buatnya keroyokan. hehehe

Sisilia Herjanti mengatakan...

emang kelihatan gitu Pni kalo semangat :D

Sisilia Herjanti mengatakan...

iya Andina.. kupikir bagus banget tuh idenya bikin blog dengan cara kerja kelompok gitu.. eh taunya sekarang aku juga ikutan hehe.. like this deh :D

Faifa Sya mengatakan...

Ohh.. pantas kok keluarnya lama, ternyata susah buat sinopsis yang mendahului TV... Saluut dehh. Semangat yya, aku tunggu yg ep 19 & 20.

Sisilia Herjanti mengatakan...

Iffa.. ep 19 dan 20 in progress... bentar lagi juga nimbul.. :D

enNamgil mengatakan...

aih welcome bulia,,met kenal,,,
memang susah nulis sinop,,sampe skr sayah jg ga kesampaian nulis sinop heuheu krn g nemu2 car akliknya,,,
asa nggak percaya BLD 18 postingan sinop pertama hahaha

Sisilia Herjanti mengatakan...

mungkin juga Enna... karena pertama jadi I did my best... saking ku semangatnya.. ngga tau juga nanti sinopsis yang berikut2nya hehe..